Bunyi

SMP 8

BUNYI

bangun tidur, tidur lagi,,,, masih ingat itu lagu siapa? yah, mbah surip. seorang penyanyi. kita mendengarkan penyanyi adalah bentuk dari bunyi. kita semua pasti mengetahui apa itu bunyi. Bunyi adalah sejenis gelombang yang bisa di dengar. Bunyi memiliki bentuk gelombang mekanik - longitudinal. dengan begitu, bunyi agar bisa merambat membutuhkan medium.

Medium rambatan bunyi berdasarkan penyusunnya dibagi menjadi tiga yakni udara, cairan, dan padatan
  • Udara
    Fenomena merambatnya bunyi melalui udara adalah seperti kita mendengar teman kita berbicara, mendengarkan radio dari kejauhan, dan sebagainya. kecepatan rambat bunyi di udara adalah yang paling lambat

    Cairan
  • Rambatan bunyi di cairan dapat kita pelajari dari peristiwa sonar dan komunikasi lumba - lumba. lumba - lumba berkomunikasi dengan kawanannya pada frekuensi suara infrasonik. begitu juga dengan sonar pada kapal untuk membuka ranjau dan mencari ikan di laut
  • Padatan
    Rambatan bunyi pada zat padat yang paling mudah di amati adalah ketika kita mendengarkan suara di rel kereta. saat kereta masih berada pada jarak yang jauh kita bisa mendengar bunyi di rel kereta. selain itu, peristiwa rambatan bunyi di zat padat sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh ahli pegejar kuda dan perampok untuk mendeteksi atau mengejar jejak kuda. cepat rambat bunyi di zat padat adalah yang paling cepat.
Pada manusia, bunyi baru bisa di dengar ketika bunyi memiliki frekuensi antara 20 Hz sampai dengan 20KHz. rentang frekuensi ini disebut frekuensi audiosonik. rentang frekuensi dibawah 20 Hz dinamakan frekuensi Infrasonik. biasanya digunakan oleh lumba - lumba dan kawanan gajah. yang terakhir adalah frekuensi supersonik memiliki rentang frekuensi di atas 20KHz. frekuensi ini di manfaatkan oleh kucing, anjing, dan kelelawar.

frekuensi juga mempengaruhi tinggi rendah suatu nada dalam musik dan warna suara. semakin tinggi suatu nada, semakin melengking suara yang di hasilkan. 

tangga nada dihasilkan oleh resonansi frekuensi sumber bunyi