SUPERGIANT

SUPERGIANT adalah bintang terbesar

Supergiants dapat memiliki massa 10-70 massa matahari dan kecerahan dari 30.000 sampai dengan ratusan ribu kali Intensitas cahaya matahari.

Jari-jari Supergiants sangat bervariasi, biasanya 30-500, atau bahkan lebih dari 1000 jari-jari surya.
Karena massa yang ekstrem, mereka memiliki rentang hidup singkat hanya 10 sampai 50 juta tahun dan hanya terlihat dalam struktur kosmik muda seperti cluster terbuka, lengan galaksi spiral.

Mereka berjumlah sedikit dalam galaksi spiral, dan tidak bisa diamati di galaksi elips, atau gugus bola, yang semuanya diyakini terdiri dari bintang-bintang tua. 

Saat ini, bintang-bintang terbesar yang diketahui dalam hal ukuran fisik, bukan massa atau intensitas, adalah supergiants VV Cephei, V354 Cephei, KW Sagitarii, KY Cygni, dan Bintang Garnet.

SuperGiant Biru

Supergiant sangat panas dan cerah, dengan suhu permukaan antara 20.000 - 50.000 derajat Celcius.
Contoh yang paling terkenal adalah Rigel, bintang paling terang di konstelasi Orion. Ini memiliki massa sekitar 20 kali dari Matahari dan memberi cahaya lebih dari 60.000 matahari yang digabungkan.
Meskipun jumlah mereka sedikit dan waktu hidupnya singkat\ bintang supergiant biru ini sangat mudah dikenali di antara para bintang yang terlihat dengan mata telanjang, mengalahkan kecerahan bintang yang lain.

Supergiants biru mewakili fase pembakaran lebih lambat dalam kematian sebuah bintang masif.
Karena reaksi nuklir inti yang sedikit lebih lambat, kontrak bintang dan karena energi yang sangat serupa datang dari daerah yang jauh lebih kecil (fotosfer) maka permukaan bintang menjadi jauh lebih panas.